Karaton Paku Alam Jogyakarta

Merupakan yang termuda dari keempat kraton yang berada di Jawa Tengah. Seperti halnya dengan sub wilayah Mangkunegaran di Solo, yang didirikan oleh dinasti Paku Buwono yang lebih muda, Pakualaman adalah kerajaan terpisah didalam kerajaan Yogyakarta. Walaupun terpisah dan merdeka mereka tetap mengakui kesenioran kraton Yogyakarta Hadiningrat.

Pemerintah kolonial Inggris banyak berperan dalam membangun Puro Pakualaman ini. Masa pemerintahan Inggris yang singkat di Hindia Belanda (1811-1815) terjadi pada saat anti kedatangan penhjajah di kerajaan Yogyakarta dan Surakarta. Dengan harapan akan kekuatan kraton Surakarta melemah gubernur Inggris Thomas Stamford Raffles, menggunakan kesempatan untuk turut campur dalam pertikaian yang berkepanjangan antara Hamengkubueono II, pimpinan gerakan anti kolonial dan anaknya Hamengkubuwono III. Raffles kemudian menyerang kraton Yogyakarta, dan atan bantuan paman Sultan Pangeran Nata Kusuma menyingkirkan Hamengkubuwono II dan mengangkat Hamengkubuwono III.

Atas bantuan Pangeran Nata Kusuma serta untuk mengurangi kekuatan Yogyakarta maka pada tahun 1813, Raffles membuat pemerinahan kedua di Yogyakarta dengan mengangkat Pangeran Nata Kusuma sebagai kepala pemerintahan Sri Paduka Paku Alam I. Paku Alam I membangun pusat pemerintahan tidak jauh disebelah timur kraton Yogyakarta (seperti halnya Pura Mangunegaran diSolo). Paku Alam menghadap ke selatan ini melambangkan penghormatannya terhadap kraton Yogyakarta. Seperti kraton lainnya Pura Paku Alam memiliki kompleks yang dikelilingi oleh tembok yang tinggi dan kokoh. Pemerintah Inggris, selain memberi daerah kraton dan tanah sekitarnya, juga memberi bantuan keuangan setiap bulannya untuk keperluan perajurit Paku Alam I, yang berada di bawah kekuasaan Inggris.

Tempat pelatihan perajurit (alun-alun) terletak diluar tembok kraton dan terbuka ke jalan umum. Sebelum menjadi Paku Alam I Pangeran Nata Kusuma sangat tekun mempelajari kebudayaan dan kesustraan jawa sehingga dia disebut sebagai peletak dasar kebudayaan di kraton Yogyakarta. Beliau juga mempelajari polotik dan hukum suatu negara kerajaan. Ketika mepmimpin pemerinahan sendiri, beliau mempelopori pengembangan kultur, dan memberi sendiri pelajaran ilmu pengetahuan dan tata negara keapa pangeran dan raja. Beliau juga mendatangkan guru-guru pelajaran agama dan kesustraan dan tertarik mendukung kebudayaan dan kesenian sebagai landasan dasar untuk menunjang pengembangan Pakualaman dalam hal perayaan dan pertunjukan kesenian terutama di bidang seni tari. Pura Pakualaman sekarang didiami oleh Paku Alam VIII, terbagi menjadi tiga bagian dengan tata letak yang berderetan. Bagian pertama terdiri atas pendopo atau Bnagsal Sewotomo, taman bagian luar, dan kantor adminstrasi, yang terbuka untuk umum. Disebelah kanan pendopo terdapat paviliun unik , yang diatara ujung atapnya berdinding dengan bentuk segitiga berhiaskan ukiran kayu yang detil, berbentuk rumah musim panas Eropa, dan dikelilingi taman yang indah.

Di tempat bekas penyimpanan kereta, yaitu dekat gerbang utama kraton, terdapat museum kecil yang berisi seragam militer lama, kostum tari, wayang, gamelan, dan gambar tokoh-tokoh Pakualaman sebelumnya. Diruang terpisah terdapat kereta-kereta kerajaan, termasuk sebuah kereta yang baru-baru ini direnovasi. Kereta ini diberikan kepada Paku Alam I oleh Thomas Stamford Raffes pada tahun 1814.
.
.

Tidak ada komentar: